Berat Badanmu Ideal? Cek Yuuk dengan BMI!

Selama ini Berat badan sering dijadikan indikasi termudah untuk menentukan apakah anda harus mengambil langkah tertentu untuk meningkatkan kualitas Kesehatan dengan mengurangi atau menambah Berat Badan.Parameter yg digunakan adalah BMI/IMT yaitu Terpenuhi tidaknya kebutuhan kalori harian.
hitung bmi

Apa itu BMI? BMI adalah singkatan dari Body Mass Index, yang merupakan ukuran yang digunakan untuk menilai proporsionalitas perbandingan antara tinggi dan berat seseorang. Standar internasional yang saat ini dipakai untuk menilai ideal tidaknya berat badan adalah BMI (Body Mass Index). BMI sering digunakan dokter untuk menilai seseorang ituobese atau tidak.

Rumus untuk BMI adalah berat badan (dalam kilogram) dibagi dengan tinggi badan kuadrat (dalam meter), atau disingkat (BMI = BB/TB2). Silahkan coba Kalkulator ini untuk menghitung BMI anda.

Tabel Klasifikasi BMI menurut WHO

HasilKategori
<18.5Kurus
<16,00Sangat Kurus
16,00-16,99Kurus
17,00-18,49Agak Kurus
18.5 - 24.99Normal
25 - 29.99Gendut
>=30Obesitas
30 - 34.99Obesitas (Kelas 1)
35 - 39.99Obesitas (Kelas 2)
40 atau lebihSangat Obesitas

Beberapa catatan mengenai BMI:

  • Nilai BMI berlaku sama untuk semua umur dan jenis kelamin. Namun, interpretasi BMI tidak selalu sama untuk semua populasi. Risiko kesehatan yang berhubungan dengan meningkatnya BMI mungkin berbeda untuk populasi yang berbeda. Penelitian menunjukkan bahwa orang Asia cenderung sudah memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe-2 dan penyakit kardiovaskuler pada BMI kurang dari 25.
  • Perlu dicatat bahwa BMI tidak mempertimbangkan komposisi tubuh Anda (antara lain massa otot, massa lemak dan tingkat hidrasi). Oleh karena itu, Anda bisa saja memiliki BMI di atas 25 namun tidak termasuk kegemukan bila memiliki massa otot yang besar (misalnya bila Anda olahragawan).
  • Perhitungan BMI pada wanita dan pria adalah sama selama mereka berusia diatas 20 tahun. Perhitungan untuk dibawah 20tahun sedikit berbeda. Tetapi perlu diingat perhitungan BMI terkadang menyesatkan khususnya dalam kasus atlet atau olahragawan. Karena profesi mereka massa berat badan berasal dari massa otot sehingga sekalipun BMI mungkin menunjukkan kegemukan atau obesitas, hal ini tidak terjadi. Pada dasarnya BMI antara 18,5 dan 25 adalah dianggap normal dan jika BMI berjalan di atas 40 situasinya sudah berbahaya.
  • Untuk remaja atau anak-anak, patokan yang digunakan berbeda-beda menurut usia dan jenis kelamin. Penafsiran hasil BMI anak menggunakan statistik dalam hitungan persentil populasi anak lain seusianya. Bila anak Anda memiliki BMI di atas persentil ke-85 untuk usianya, dia termasuk kategori kegemukan (artinya, 85% anak lain memiliki BMI di bawah nilai BMI-nya). WHO telah mengeluarkan tabel khusus sebagai acuan berat badan sehat untuk anak menurut usia.

Tips Hasil Kalkulator BMI


Jika anda telah mendapatkan hasil dari perhitungan kalkulator BMI di atas ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk anda cermati.
  • Kategori Kurus:
    Lakukan olahraga secara teratur dan perbanyak makan makanan bergizi yang dibutuhkan tubuh terutama lemak tidak jenuh dan protein agar dapat meningkatkan berat badan.
  • NormalPertahankan berat badan anda dengan mengkonsumsi banyak serat yang terdapat pada buah dan sayur. jangan makan pada malam hari atau usahakan makan 4 jam sebelum tidur
  • Gendut
    Lakukan diet sederhana dengan tidak mengkonsumsi lemak secara berlebihan dan makan atau ngemil pada malam hari.
  • Obesitas kelas 1
    Lakukan diet disertai dengan olahraga sederhana dan hidari ngemil di malam hari agar tidak menimbun lemak. Usahakan olahraga secara teratur agar jantung tetap sehat.
  • Obesitas kelas 2
    Harus rutin olahraga minimal 20 menit satu hari dan atur pola makan hindari makanan berkalori tinggi dan ganti dengan makanan yang rendah kalori. Konsultasikan ke dokter terkait untuk diet seimbang.
  • Sangat Obesitas
    Lakukan diet keras dan olahraga setiap hari, jangan pernah tidur di siang hari dan makan pada malam hari karena akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

0 comments:

Post a Comment

More

Whats Hot